ajaibnya teknik persuasif

11 02 2008

persuasif? yup persuasif…itu tuh teknik ‘mengelabui’ yang biasanya dipakek ama para negotitator (bahasa kerennya penjual) untuk memasarkan dagangannya…hmmm bukan cuma buat itu saja sih sebetulnya teknik ini banyak diterapkan di berbagai bidang baik itu politik, sosial, budaya, hankam (berlebihan :p)

Nah bicara masalah teknik persuasif diriku punya cerita nyata tentang hal ini. Sebutlah saja terdapat satu sketsa yang mengambil tempat di arabian village ada anak bernama ‘ATJEH’ (memang nama sebenarnya) . Bila sekilas dilihat anak ini memang g ada mirip miripnya sama sekali dengan keturunan aceh entah kenapa dia ngaku-ngaku setengah mati kalo dia emang keturunan serambi mekah aceh… karena bercita-cita ingin menjadi bintang iklan shampoo maka dia bertekad untuk membuat rambutnya menjadi lebih gempal dan indah…langkah pertama dia harus membeli obat penumbuh rambut yang mujarab…sampai terjadilah dialog antara si penjual dan si pembeli sebagai berikut

Si pembeli : “Assalamualakum”

Si penjual : “Waalakumsalam,,,mau apa pesen ape ente?”

Si pembeli : “Yah elah bapak ini bagaimana c..ya mau beli obat bapak itu toh masak mau beli nasi goreng” (sambil nunjuk nunjuk obat yang dijejer)

Si penjual : “cerdas juga ente…iya mas obat ini sangatlah ajaib…setetes bisa numbuhin seribu rambut, dua tetes bisa numbuhin dua puluh ribu rambut” (ada yang aneh ya?)

Si pembeli : “oiya ta pak?”(sambil memajang wajah lugu nan culunnya)

Si penjual : “loh ente ini masih kagak percaya juga..c. mas ini beruntung bgt ketemu saya kemaren tuh ya ada orang yang kepalanya botak sebelah terus dikasih obat ane alhamdulillah seminggu kemudian rambutnya tumbuh sebelah dengan lebatnya…kagak cuman itu kalo ente beli dua sekaligus dapat potongan 10 % ”

Si pembeli : “oiya??? jadi kalo aq beli empat dapat potongan 20 % dong??”

Si penjual : “tentu saja ente percaya aja ama ane”

Si pembeli : “ya udah deh bang beli satu aja”

Si penjual : “@#$%^&%*”

Si pembeli : “ini bang uangna makaseh ya”

Si penjual : “alhamdulillah laris manis”

Sepintas dialog diatas tampak seperti percakapan biasa-biasa saja , namun ada satu poin penting yang terlupakan bahwa rambut penjual itu rambutnya botak, bahkan sudah menunjukkan tanda-tanda rambut yang dimakan usia…wakakaka kalo misalnya obatnya sungguh mujarab kenapa nggak dipakek sendiri yah???…

Hmmm inilah ajaibnya teknik persuasif atau faktor pribadi si pembelinya ya gampang ditipu??

Advertisements

Actions

Information

One response

28 02 2008
toip_riming

propaganda persuasif at http://www.merdekanensis.co.nr

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: