Antara Sushi, Onigiri dan Takoyaki vs. Lemper

25 02 2008

JAPAN COOKING FESTIVAL…itulah tulisan yang tertera di kupon untuk acara yang diadain UPT Bahasa Jepang ITS (akhirnya kesebut juga neh kampusku)
hmm menarik sepertina..hal itulah yang tertera di pikiranku saat itu..apalagi secara cita-citaku yang ingin buat restoran padang nantinya (loh?)..membuat bakat terpendam memasakku memberontak dan nafsu makanku meledak-ledak (ini yg bener)..karena so pasti disana pasti akan banyak japan idol yang datang (ngarep ya?nggak mungkin lah) minimal akan banyak makanan yang di sana. Eniwei setelah memperhatikan instruksi dan demo dari sensei (baca:guru) yang ga ada satupun katanya yang aku mengerti kecuali Doraemon, Nobita dan Ksatria baja hitam..maka dengan ini terbitlah resep membuat Sushi, Onigiri dan Takoyaki ala tenjomsuperchef..yang dijamin rasanya lebih enak dari makanan jepang di restoran manapun… yang udah basi tentunya..Sehingga buat yang ngebet banget ingin makan makanan jepang tersebut maka disarankan untuk membeli makan tersebut di restoran jepang lah…ato anda bisa buat sendiri dengan panduan ini

“Make ur own SUSHI, ONIGIRI n TAKOYAKI !! (Don’t try this at home) ” by Tenjomsuperchef
—How to make SUSHI (versi yang kucerna)—
1. Siapkan bahan-bahan seperti nori (rumput laut kering), nasi yang udah dikasih bumbu (sepertina dicampur sama lada atau merica atau bumbu kesukaanmu juga bisa deh), daging yang udah dicincang matang-matang, acar-acaran (bukan acar boongan) dan telur dadar.
2. Letakkan nori dengan ukuran secukupnya untuk digulung nantinya di tatakan(ini bisa diganti dengan daun pisang atau daun kelor)
3. Letakkan nasi diatas nori memanjang di tengah
4. Tambahkan daging, acara dan telur atau bisa juga kamu tambahkan pisang (khusus aku)
5. Gulung tatakannya atau kalo kamu pake daun lainnya buang aja deh mendingan kamu beli di supermarket sana
6. Tekan masing2 ujung gulungan sampai cetakan benar2 mengepal
7. Tunggu beberapa menit sembari nonton TV maka sushi kamu akan raib digondol kucing…eh salah ding potong tuh gulungan secukupnya dan jadilah SUSHI buatan sendiri TADAAA!!!!

sushidesh
sushi buatan tangan (??)

—How to make ONIGIRI (versi yang kulihat kudengar kupraktekkan dan kumakan)–
1. Hampir sama dengan langkah satu di rubrik resep SUSHI, hanya saja sekali lagi buang daun kelornya
2. Oh ya sebelumnya belilah cetakan onigiri di toko kesayangan anda atau buat sendiri dari..daun kelor?
3. Letakkan nasi di cetakan dan tekan rapat2 lalu buat space di tengah untuk diisi dengan macam-macam (lihat Langkah 4 resep SUSHI)
4. Tambahkan nasi kembali lalu tekan dan rapatkan hingga hampir membentuk segitiga sama sisi (nah mampus lo)
5. Keluarkan kepalan nasi tersebut lalu tempelkan nori secukupnya pada salah satu sisi kepalan
6. Tekan dan rapatkan kembali
7. Jadilah ONIGIRI kesukaan kita semua

How to make TAKOYAKI (versi yang kumakan dengan rakusnya)
1. Siapkan adonan telur yang sudah diaduk, daging cumi-cumi(bisa diganti dengan gurita, lumba-lumba ato kucing yang makan sushi lo tadi) dan yang paling penting loyan takoyaki (yang ini jangan dicoba2 buat dari daun kelor)
2. Tuangkan adonan tadi ke loyan diatas tungku perapian yang dibuat dari kayu-kayu bakar ato bisa pake kompor sepertinya
3. Tambahkan daging apalah maumu tadi ke dalam adonan
4. Tunggu hingga warna tanganmu memerah (loyannya jangan dipegang geblek!!!)..tunggu hingga adonan terlihat matang menggairahkan
5. Sajikan TAKOYAKI dengan mayonaise dan minyak sayur

hmmm rayap
masuk lubang buaya hoho

Mudahkan ?!!! Dengan ini anda telah menginjak titik aman pertama untuk mendapatkan gelar superchef..namun setelah saya coba beberapa masakan jepang di atas maka saya teringat dengan kudapan tradisional kesukaan saya yaitu LEMPER yang mirip dengan sushinya orang jepang apa mungkin pengaruh jaman penjajahan ya?..Dan kalo dibilang rasa, LEMPER tidak kalah enaknya dengan makanan tersebut diatas.. megang banget de rasanya…apalagi untuk membuatnya LEMPER tidak perlu menggunakan bahan-bahan seperti loyang, cetakan ato daun kelor mungkin? cukup memakai daun pisang…dan berharap ada syukuran di kampung mengingat semakin jarangnya kita jumpai LEMPER dewasa ini… Hidup LEMPER !!!

PS: Bila perut anda mual mual, tenggorokan kering, kepala pusing dan mata berkunang-kunang setelah memakan makanan tersebut diatas sesuai dengan resep saya, maka jangan khawatir gejala itu hanyalah efek samping bahwa tubuh anda telah membentuk antibodi terhadap segala jenis makanan..Selamat Mencoba !!! manusia boleh berusaha tetapi Tuhan yang menetapkan

Advertisements

Actions

Information

17 responses

25 02 2008
flatern85

anterin belanja di papaya yukzz..aq jadinya pengen buat sendiri..hehehe..

25 02 2008
sulis

LEMPER AYAM

Bahan – bahan :
200 gram beras ketan, direndam 1 jam, ditiriskan
1 lembar daun salam
1 batang serai di ambil putihnya di memarkan
¾ sendok teh garam
115 ml santan dari ¼ butir kelapa
Daun pisang untuk membungkus

Bahan isi :
2 buah paha ayam atas bawah
500 ml air
2 lembar daun salam
¾ sendok teh garam
¼ sendok teh merica bubuk
½ sendok teh gula pasir
100 ml santan dari ¼ butir kelapa

Bumbu Halus :
6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
3 butir kemiri, di sangrai
1 sendok teh ketumbar

Cara membuat :
1. isi : rebus ayam dan air sampai matang. Angkat ayam, suwir – suwir dagingya dan ukur 250 ml air kaldunya
2. campur ayam, bumbu halus, serai, daun salam, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata , tuang air kaldu . masak sampai mendidih. Tuang santan masak sampai meresap, dimgimkan.
3. Kukus beras ketan 20 menit. Angkat
4. rebus santan, daun salam, serai dan garam sampai mendidih. Matikan api tambahkan beras ketan. Masak sampai meresap angkat dan kukus 30 menit sampai matang.
5. ambil sedikit ketan, pipihkan beri isi. Bentuk lonjong bungkus dengan daun pisang.

By : ibu joni makasar , di ambil dari saji edisi 118

juga di muat di http://www.likeindonesianfood.blogspot.com

25 02 2008
tenjomsuper

@sulis : wahhh surprise banget ada yg bersedia memberikan resep lemper ayamnya..makasih bgt yahhh ibu joni di makasar..aku tunggu resep2 lainnya…(wadow)
tp kok berasa iklan yah ???!!! :p

26 02 2008
sleepybaikhati

@sulis :
mmhh..bole tuh resepnya..apalagi klo uda jadi bole tu dikirim..wew..

@tenyomsuper :
nyom..anterin blanja di papaya yukz..mau bikin onigiri ama sushi..mau ga..??!!

26 02 2008
noval78

hmmm …. nyom2 mbok ya kapan2 buat yang banyak (lemper/onigiri/sushi/whatever) trus dibagi2 …. gituw, ganti …

27 02 2008
tenjomsuper

@ nopal : kalo mau mie instan ke kosku aja pal, masak ndiri tapina

@ sleepybaikhati : ayukz…kapan ?nanti klo bisa langsung kita buat..dimasak2 sendiri..dimakan2 sendiri hehehe

27 02 2008
raras

di papaya
takoyaki bole pesen isi ap trus dimasakin
yg pasti harga lebih murah dibanding takochiro, tapi rasana tetep enak takochiro, apalagi yg udang, ayam keju jg enak, cumi juga, haha smua enak, tapi takochiro plg enak yg udang koq.
Sushi di papaya jg macem2
plg murah 15rb tu kani maki(crab meat) ma salmon dapet 6 biji, dapet sausna jg.
yg lain bisa 20 sampe 30rban.
YG Manis enak, dorayaki donk. YG rasa coklat, ni 10rban. Kesukaannya adikku. jd lumayan serink bli ksana.
EI, aq tau tempat coto makasar enak, di deket kedutaan AS. haha, inget hari dimana kita ujung2nya jodoh ma batagor Wekeke ^_^

28 02 2008
toip_riming

mbayar gak?

1 03 2008
Agita Yang

haha..jadi inget pas kita rebutan takoyaki..hmm..aku kayaknya lebih memilih resep lemper daripada resep sushi..

25 03 2008
ningrum

takoyaki..hmm..jd inget ke festival seni jepang (diajakin anisa dan tmen2 les jepang)..makan takoyaki,ikonomiyaki,dorayaki,kimimaki,hatori.. hmm..pkoknya enak..tp tetep lah yang paling enak siy mknan indonesia,,daripada sushi mending lemper bikinan susi.. 🙂

13 09 2008
yulia

mana om resep nya????
penegen banget nih ngerasain makanan jepunk hwehwehwe…
sushi……juga

13 09 2008
tenjomsuper

@raras: bahasa apaan tuh neng gw kagak ngerti wekekeke :p iy ujung2x k batagor jg wahahaha

@toip riming:hare gene gratis

@Agita Yang:hahaha msh inget iya aq lbh suka lemper tapix waks

@ningrum:loh susi susanti skrg jualan lemper y ning?

@yulia:lah yg aq omongin pjg lebar ntu ap bkn resep namax…gmn siy…hahaha peace

29 09 2008
tsuya3

hohoho..

sankyuu resep lemper ayam na yeaww…

nambah koleksi resep gw nehh…

15 10 2008
shEn_d'

Umm… BTW, norinya Gak bisa di ganti pake yang laen Y..
susa nie carinya..

17 07 2009
jolly roger

wah bro resep lempernya lumayan, layak disandingkan dgn sushi, onigiri, takoyaki, etc. Tp kpn2 tak gantian tak ajari bikin makanan cabang atletik, LEMPER LEMBING.

2 10 2010
Dwi Chan

lucu nyaaaaa

10 12 2010
Tantri PinkuGaDaisuki ^^

wkwkwk,,,
ada ya resep masakan yg Lucu kaya gini. 😀
makasih ya resepNya,,,sedikit memberikan ak inspirasi. 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: